.

Rabu, 05 September 2012

Sejarah Singkat Pembangunan Candi Borobudur

Banyak buku – buku sejarah yang menuliskan tentang Candi Borobudur akan tetapi kapan Candi Borobudur itu didirikan tidaklah dapat di ketahui secara pasti namun suatu perkiraan dapat di peroleh dengan tulisan singkat yang dipahatkan di atas pigura relief kaki asli Candi Borobudur ( Karwa Wibhangga ) menunjukan huruf sejenis dengan yang didapatkan dari prasasti di akhir abad ke–8 sampai awal abad ke–9 dari bukti–bukti tersebut dapat di tarik kesimpulan bahwa Candi Borobudur di dirikan sekitar tahun 800 M.
Kesimpulan tersebut di atas itu ternyata sesuai benar dengan dengan kerangka sejarah Indonesia pada umumnya dan juga sejarah yang berada di daerah Jawa Tengah pada khususnya periode antara abad ke–8 dan pertengahan abad ke–9 di terkenal dengan abad Emas Wangsa Syailendra
kejayaan ini di tandai di bangunnya sejumlah besar candi yang di lereng–lereng gunung kebanyakan berdiri khas bangunan hindu sedangkan yang bertebaran di dataran–dataran adalah khas bangunan Budha tapi ada juga sebagian khas Hindu. Dengan demikian dapat di tarik kesimpulan bahwa Candi Borobudur dibangun oleh Wangsa Syailendra yang terkenal dalam sejarah karena karena usaha untuk menjunjung tinggi dan mengagungkan Agama Budha Mahayan
Tahap Pembangunan Borobudur adalah sebagai berikut :
  1. Tahap pertama
    Masa pembangunan Borobudur tidak diketahui pasti (diperkirakan antara 750 dan 850 M). Pada awalnya dibangun tata susun bertingkat. Sepertinya dirancang sebagai piramida berundak. tetapi kemudian diubah. Sebagai bukti ada tata susun yang dibongkar.
  2. Tahap kedua
    Pondasi Borobudur diperlebar, ditambah dengan dua undak persegi dan satu undak lingkaran yang langsung diberikan stupa induk besar.
  3. Tahap ketiga
    Undak atas lingkaran dengan stupa induk besar dibongkar dan dihilangkan dan diganti tiga undak lingkaran. Stupa-stupa dibangun pada puncak undak-undak ini dengan satu stupa besar ditengahnya.
  4. Tahap keempat
    Ada perubahan kecil seperti pembuatan relief perubahan tangga dan lengkung atas pintu.
Sumber foto : www.http://hendipratomo.wordpress.com






1 komentar:

Unknown mengatakan...

Thanks ya sob udah share , blog ini sangat bermanfaat sekali .............




bisnistiket.co.id

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by |TIM SMKN 8 SMG|M.Fahmi|Puspa|Adhi|