.

Rabu, 05 September 2012

Penemuan Kembali Candi Borobudur

Borobudur yang menjadi keajaiban dunia menjulang tinggi antara dataran rendah disekelilingnya. Tidak akan pernah masuk akal mereka melihat karya seni terbesar yang merupakan hasil karya sangat mengagumkan dan tidak lebih masuk akal lagi bila di katakan Candi Borobudur pernah mengalami kerusakan.
Memang demikian keadaannya Candi Borobudur terlupakan selama tenggang waktu yang cukup lama bahkan sampai berabad – abad bangunan yang begitu megahnya dihadapkan pada proses kehancuran.
Kira–kira hanya 150 tahun Candi Borobudur digunakan sebagai pusat Ziarah, waktu yang singkat di bandingkan dengan usianya ketika pekerja menghiasi/membangun bukit alam Candi Borobudur dengan batu – batu dibawah pemerintahan yang sangat terkenal yaitu Samaratungga,
sekitar tahun 800–an dengan berakhirnya kerajaan Mataram tahun 930 M pusat kehidupan dan kebudayaan Jawa bergeser ke timur. Demikian karena terbengkalai tak terurus maka lama– ama di sana- ini tumbuh macam – macam tumbuhan liar yang lama kelamaan menjadi rimbun dan menutupi bangunannya. Kira - kira abad ke – 10 Candi Borobudur terbengkalai dan terlupakan.
Baru pada tahun 1814 M berkat usaha Sir Thomas Stamford Rafles Candi Borobudur muncul dari kegelapan masa silam.Rafles adalah Letnan Gubernur Jendral Inggris, ketika Indonesia di kuasai / dijajah Inggris pada tahun 1811 M –1816 M. Pada tahun 1835 M seluruh candi di bebaskan dari apa yang menjadi penghalang pemandangan oleh Presiden kedua yang bernama Hartman, karena begitu tertariknya terhadap Candi Borobudur sehingga ia mengusahakan pembersihan lebih lanjut, puing – puing yang masih menutupi candi disingkirkan dan tanah yang menutupi lorong – lorong dari bangunan candi disingkirkan semua sehingga candi lebih baik di bandingkan sebelumnya.
Teman-teman, tentu kita berterima kasih kepada mereka, coba kalau Candi Borobudur tidak dibersihkan maka kita tidak bisa melihat keindahannya.

Sumber foto: www.http://nusantarawisata.wordpress.com/

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by |TIM SMKN 8 SMG|M.Fahmi|Puspa|Adhi|